Cara Meningkatkan Kreatifitas pada Sekolah Anak

Kreatif tidak terbatas bagaimana seorang anak dalam berimajinasi dalam membentuk suatu seni. Kreatif di sini juga diharapkan untuk memicu pemikiran anak-anak agar dapat menemukan suatu solusi dalam masalah yang dihadapinya dengan kreatif. Bagaimanapun pendidikan sejak dini dapat mempengaruhi tingkat intelejen seorang anak hingga dewasa. Pendidikan semasa kecil dapat membentuk cara berfikir seorang anak dan cara berperilaku seorang anak.

Berdasarkan web Creativeoverflow.net disebutkan ada beberapa cara dalam mengembangkan kreatifitas seorang anak.

Permainan Kata

Scrabble merupakan salah satu permainan yang dapat meningkatkan kreatifitas anak dalam menggabungkan kata-kata yang dapat digunakannya. Berawal dari menyusun kata-kata, secara tidak langsung otak anak-anak juga distimulus untuk berpikir jauh dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang didapatnya. Mengaitkan dengan gambar yang ada di bawah ini, kreatifitas menjadi sesuatu yang mewah jika dimiliki seesorang.

Image

Permainan Visual

Selain kata-kata, visual pun memegang peranan yang sangat besar dalam menciptakan kreatifitas dari seorang anak. Permainan-permainan visual untuk anak-anak adalah hal yang mudah dicerna oleh otak anak-anak. Karena banyak permasalahan yang akan dihadapi pada saat beranjak dewasa hingga tua, pemicuan-pemicuan terhadap kreatifitas tersebut harus lah dengan berbagai macam cara. 

ImageImage

Permainan Menggambar

Dari permainan ini, diharapkan anak-anak dapat berkreasi sebebas mungkin. Tidak ada batasan dalam menggambar untuk anak-anak. Dari menggambar tersebut kita dapat mendampingi anak-anak untuk lebih memacu kreasi mereka sesuai apa yang mereka senangi.

ImageImage 

Dalam mengajar anak-anak, memberikan kebebasan adalah salah satu cara untuk mengembangkan kreatifitas anak-anak. Jika diberi larangan-larangan, akan menjadikan anak-anak yang bandel dan tidak kreatif dalam beraktifitas. Jadi, menjadi seorang guru itu susah dan senang akan campur aduk tergantung bagaimana kita menguasai teknik-teknik untuk mengasuh dan mengajar anak-anak pada usia dini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s